Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 20 Januari 2017

Hukum Puasa Senin Kamis di Ajaran Islam

Hukum Puasa Senin Kamis – Pembahasan tentang Puasa Senin dan Kamis merupakan termasuk kedalam salah satu Puasa Sunnah di Ajaran Islam yang dapat dikerjakan dan dilaksanakan oleh tiap – tiap Muslim Muslimah di Seluruh Dunia dan perlu kalian ketahui bahwa Puasa Sunnah Senin Kamis ini mempunyai banyak Keutamaan dan Keistimewaan yang bisa didapatkan oleh tiap – tiap Muslim Muslimah yang mengerjakannya sehingga sudah sangat baik sekali bagi kalian yang mengerjakan Puasa Sunnah Senin Kamis disetiap pekan.

Adapun untuk Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis antara lain akan mendapatkan Pahala Puasa Sunnah yang banyak dan Allah SWT telah menyediakan Surga bagi Hambanya yg beriman, beramal saleh, bertakwa dan sering berpuasa (Baik Puasa Wajib maupun Puasa Sunnah) karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang dijelaskan didalam Hadist Shahih Bukhari dan Muslim berbunyi, ” Sesungguhnya didalam Surga ada satu Pintu yg bernama ” Ar – Rayyan ” dan Pintu Surga Ar Rayyan akan dimasuki oleh orang – orang yg sering berpuasa. Kelak dihari Kiamat, tidak akan masuk dari Pintu itu (Pintu Surga Ar Rayyan) kecuali orang – orang yang suka berpuasa, dikatakan :

Manakah orang – orang yg suka berpuasa maka mereka berdiri dan tidak ada yang masuk lewat pintu surga itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk maka pintu pintu Surga tersebut ditutup sehingga tidak ada seorang pun yang masuk melaluinya lagi (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Lalu Keutamaan Mengerjakan Puasa Senin Kamis yang lain ialah bertaqwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjadi penolong di hari Kiamat Kelak dan terhindar dari Siksa Api Neraka karena Ibadah Puasa baik Puasa Wajib maupun Puasa Sunnah begitu istimewa dihadapan Allah SWT.
Hukum Puasa Senin Kamis didalam Ajaran Islam

hukum puasa senin kamis

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Puasa Senin Kamis sangatlah baik sekali jika dikerjakan oleh setiap Muslim karena walaupun Puasa Sunnah tetapi Puasa Senin Kamis memiliki banyak Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Senin Kamis yg sangat baik bagi setiap Muslim yang mengerjakannya. Lalu dibawah ini sdh kami tulis penjelasan dan alasan mengapa Hukum Puasa Senin Kamis itu Sunnah karena kami yakin banyak Masyarakat Muslim khususnya yg ada di Indonesia yang masih belum mengetahui alasan mengapa Puasa Senin Kamis termasuk Puasa Sunnah.
Hukum Mengerjakan Puasa Senin Kamis

Sekali Hukum Puasa Senin Kamis adalah Sunnah yang mempunyai artian akan mendapatkan Pahala dan Mendapatkan Manfaat Puasa Senin Kamis bagi setiap Muslim yang mengerjakannya, tetapi tidak akan mendapatkan Dosa bagi setiap Muslim yang tidak mengerjakannya. Hal ini tentunya berbeda dengan Puasa Ramadhan karena Hukum Puasa di Bulan Ramadhan ialah Wajib dikerjakan sehingga akan mendapatkan Pahala Yang Banyak bagi mereka yang mengerjakan Puasa Ramadhan dan akan mendapatkan Dosa bagi setiap Muslim yang tidak mengerjakan Puasa Ramadhan tanpa alasan yang jelas.

Alasan Hukum Puasa Senin Kamis yang Sunnah tersebut dikarenakan sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilakukan dan Nabi Muhammad SAW pun sering mengerjakan Puasa Sunnah Senin Kamis diwaktu beliau masih hidup. Hal tersebut seperti di jelaskan oleh Aisyah Ra bahwa, ” Nabi Muhammad SAW biasa melakukan Puasa di Hari Senin dan Kamis (Hadist Shahih Tirmidzi 745, diShahihkan Al Albani) ”.

Lalu didalam Hadist Riwayat Tirmidzi yang lain menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Segala amal perbuatan Manusia akan dihadapkan pada Allah SWT pada Hari Senin dan Kamis karena itu aku (Nabi Muhammad SAW) senang ketika amal perbuatan ku diperiksa dlm kondisi berpuasa (Hadist Riwayat Tirmidzi no 747) ”.

Adapun Allah SWT telah menjanjikan pahala yang banyak bagi setiap Muslim yang mengerjakan Puasa baik Puasa Wajib maupun Puasa Sunnah dan dalam hal ini telah dijelaskan didalam Hadist Qudsi yang berbunyi, ” Puasa itu milik ku dan aku (Allah SWT) sendiri yg akan membalasnya dan kebaikan itu akan dilipat gandakan sebanyak sepuluh kali lipat (HR. Bukhari dan Abu Daud) ”.

Melihat Hadist – Hadist Shahih tentang Puasa Senin Kamis tersebut maka sudah dapat disimpulkan bahwa Hukum Puasa Senin Kamis yang sunnah mempunyai banyak sekali manfaat dan keutamaan yang dapat kalian peroleh sehingga sangat disayangkan bagi kalian yang tidak mengerjakan Puasa Sunnah Senin Kamis disetiap minggu atau pekan.

Lalu untuk Hukum Mengerjakan Puasa Senin atau Kamis saja juga boleh dilakukan karena kita sebagai seorang Muslim dapat mengerjakan Puasa Sunnah Senin nya saja atau boleh juga mengerjakan Puasa Sunnah Kamisnya saja dan sangat bagus sekali jika dikerjakan dua – duanya baik Puasa Senin dan Kamis. Hanya saja tidak boleh mengerjakan Puasa Sunnah di Hari – Hari yang dilarang Berpuasa seperti di Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha dan di Tiga Hari Tasyrik yakni 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Rawuh

Popular Posts

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Elegant Themes

Advertisement

Breaking News

Sponsor

Popular Posts

Blogger Tutorials

Blogger Templates

Sample Text

Copyright © Informasi Islam News | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab