Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 13 Januari 2017

Pengertian, Cara dan Niat Mandi Wajib di Islam

Mandi Wajib di Islam – Pengertian Mandi Wajib sendiri ialah cara untuk menghilangkan suatu Hadast besar atau menyucikan diri dari Hadats Besar yg terdapat didlm tubuh atau diri kita dg cara membasuh atau mandi dg air diseluruh tubuh dari mulai ujung rambut hingga ujing kaki. Kemudian untuk Manji Wajib sendiri banyak di kenal di kalanganmasyarakat umum dg sebutan Mandi Besar, Mandi Junub atau Berjunub dan Manji Janabah.

Untuk Manji Wajib ini memegang peranan yg sangat penting bagi umat Islam karena seorang Muslim sebelum melakukan ibadah Shalat harus memperhatikan kesucian dalam dirinya dari Hadats besar maupun Hadast Kecil sehingga jika diri anda mengalami atau terkena Hadats besar maka ada baiknya anda langsung mengambil Mandi Wajib ini.

Pentingnya Mandi Wajib Di Islam sendiri seperti sudah di ucapkan oleh Alloh Swt dalam firmanya yg berbunyi, ”’ Dan Jika kalian sd dlm keadaan Hadats maka Bersucilah atau Mandi ”. Sedangkan untuk Hukum Mandi Wajib bagi setiap umat muslim ialah Wajib atau Harus dilakukan karena jika anda sedang Berhadast dan tidak mandi maka Shalat anda tidak akan sah.

Cara Mandi Wajib dan Niat Mandi Wajib di Islam
Tata Cara Mandi Wajib

Cara Mengerjakan Mandi Wajib sendiri yang pertama kali harus dilakukan adalah mambaca Niat Mandi Wajib atau Niat Junub. Bacaan Niat Mandi Wajib selengkapnya bisa anda lihat dibawah inni ;

Terjemahan Niat Mandi Wajib Lisan, ” NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL  AKBARI FARDLAL LILLAAHI TA’AALA ”. dan untuk Artian Niat Mandi Wajib di atas, ”’ Aku Niat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar fardlu karena Alloh ”’.

Kemudian untuk Cara Mandi Wajib atau Rukun Mandi Wajib yg harus anda ingat dan lakukan antara lain Membaca Niat dan Membasuh seluruh anggota badan dg bersih seperti Rambut – Rambut yg ada di seluruh badan anda, Kulit Telinga yg sebelah luar dan Kemaluan baik itu pria maupun wanita harus di mandikan atau dibersihkan dg sangat bersih.
Sebab – Sebab Mandi Wajib

Adapun di dalam islam terdapat Sebab Harus Mandi Wajib untuk setiap umatnya, Sebab – Sebab diharuskan Mandi Wajib itu sendiri antara lain

1. Mandi Wajib karena Bersetubuh, maksudnya bertemunya 2 (Dua) kemaluan antara laki – laki dan perempuan baik keluarnya mani atau pun tidak sudah harus dilakukan Mandi Wajib untuk kedua orang tersebut.

2. Mandi Wajib Keluar Mani, Hal tersebut berlaku untuk laki – laki maupun untuk perempuan jika mereka keluar cairan mani akibat Syahwat (Nafsu, Menonton Film, Membayangkan lawan jenis) dab Mimpi Basah maka diwajibkan untuk kedua-nya untuk melakukan Mandi Wajib atau Junub.

3. Selesai Haid atau Mens, Haid ialah darah kotor yg sering dialami oleh semua perempuan setiap bulan-nya dan Haid merupakan Najis karena keluarnya darah dari tubuh sehingga sangat di haruskan jika seorang perempuan setelah selesai Haid untuk mengerjakan Mandi Wajib atau Junub ini.

4. Setelah Nifas atau Melahirkan, Maksudnya ialah seorang wanita yg telah selesai masa Nifas atau Darah yg keluar pd saat persalinan atau melahirkan. Maka perempuan tersebut diwajibkan untuk Mandi Wajib.

5. Orang Masuk Islam, Maksudnya ialah Orang yg belumnya Kafir atau Non Muslim kemudian akan masuk Islam maka diharuskan untuk Bermandi Wajib.

6. Orang Meninggal Dunia, Apabila seorang Muslim yg telah meninggal maka orang – orang yg disekitarnya wajib untuk memandikan jenazah seorang Muslim tersebut.

Sunah – Sunah Mandi Wajib di Islam

1. Sunah Mandi Wajib yg pertama ialah mendahulukan membasuh segala kotoran atau najis dari seluruh tubuh atau badan anda.

2. Dahulukan membaca ” Bismillaahirrahmaanirrahiim ” pada permulaan Mandi

3. Menghadap ke Kiblat sewaktu anda mandi dan mendahulukan bagian kanan tubuh anda daripada kiri

4. Dalam Mandi Wajib di sunah membasuh badan anda sebanyak 3 (Tiga) kali

5. Membaca Doa sebagaimana membaca Doa Sesudah Berwudlu

6. Sebelum anda melakukan Mandi Wajib, disunahkan kepada kamu untuk Berwudlu terlebih dahulu.

Itulah penjelasan dari Cara Mandi Wajib, Niat Mandi Wajib dan Pengertian Mandi Wajib di Islam yg bisaa kami sampaikan kepada Anda untuk sesama Muslim dan semoga tulisan sederhana dari kami ini dpt berguna dan bermanfaat bagi anda.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Rawuh

Popular Posts

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Elegant Themes

Advertisement

Breaking News

Sponsor

Popular Posts

Blogger Tutorials

Blogger Templates

Sample Text

Copyright © Informasi Islam News | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab